Tempat Wisata Yang Ada Di Jogjakarta

Haii semuaaa!!!!! Kalau semalam saya memberitahu tempat wisata yang ada di Bandung, hari ini saya akan memberikan tempat wisata yang ada di Jogjakarta. Langsung saja yuk!!!


Candi Prambanan




Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hinduterbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna 'Rumah Siwa'), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

Pantai Baron




Pantai Baron adalah salah satu objek wisata berupa pantai yang terletak di Desa KemadangKecamatan TanjungsariKabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta. Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber. Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron. Jalan menuju objek wisata Pantai Baron cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi, sepeda motor dan bus.

Air Terjun Sri Gethuk


Air Terjun Sri Gethuk merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kecamatan PlayenKabupaten GunungkidulYogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyosehingga untuk menikmatinya harus menyelusuri sungai dengan rakit. Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan berupa tebing tebing kapur dikanan-kiri dan rimbunnya pepohonan. Jika di musim kemarau, air sungai akan sangat jernih berwana kehijauan dan tenang. Air Terjun Sri Gethuk memiliki tinggi sekira 25 meter dengan 3-5 terjunan air terjun tergantung musim. Air yang tak pernah kering itu jatuh tak membuat kolam namun langsung merayapi bebatuan kapur yang rapi ditepi sungai. Air terjun ini sedang dalam tahap pengembangan untuk menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Gunung kidulselain dari pantai dan pegunungan karst.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat


Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta (bahasa JawaHanacaraka꧋ꦏꦫꦡꦺꦴꦟ꧀ꦔ​ꦪꦺꦴꦓꦾꦑꦂꦡ​ꦲꦢꦶꦟꦶꦁꦫꦡ꧀꧉ , Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat) merupakan istanaresmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningratyang kini berlokasi di Kota YogyakartaDaerah Istimewa YogyakartaIndonesia. Walaupun kesultanan tersebut secara resmi telah menjadi bagian Republik Indonesiapada tahun 1950, kompleks bangunan keraton ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Keraton ini kini juga merupakan salah satu objek wisata di Kota Yogyakarta. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan. Dari segi bangunannya, keraton ini merupakan salah satu contoh arsitektur istana Jawayang terbaik, memiliki balairung-balairung mewah dan lapangan serta paviliun yang luas.

Situs Ratu Baka


Situs Ratu Baka atau Candi Boko (bahasa JawaCandhi Ratu Baka) adalah situs purbakala yang merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3 km di sebelah selatan dari kompleks Candi Prambanan, 18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota SurakartaJawa TengahIndonesia. Situs Ratu Baka terletak di sebuah bukit pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut. Luas keseluruhan kompleks adalah sekitar 25 ha.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Jogjakarta. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. 
Sampai jumpa 👐👐.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Editan Photoshop Yang Bikin Gagal Paham

7 Penemuan Besar Stephen Hawking yang Akan Dikenang Sepanjang Masa

Western Food Yang Kelihatannya Enak Padahal Menjijikkan